Sabtu, 17 September 2011

Jangan Biarkan Banjir Menimpa Halaman Rumah Kita

Banjir selalu datang pada waktu yang tidak terduga. Apakah ketika musim hujan atau akibat sungai meluap sebagai banjir kiriman. Rumah dan halaman rumah kita terancam banjir.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada suatu teknologi dengan cara membuat  lubang resapan atau sumur resapan buatan manusia yang sekarang dikenal dengan lubang biopori. Biopori dapat dibuat di halaman depan, halaman belakang atau taman dari rumah.

Lubang biopori sendiri umumnya dibuat dengan diameter 10 cm dan kedalaman 100cm, jarak antar lubang sekitar 50 cm-100 cm. Kita tidak akan sia-sia bila membuat biopori ini. Dianjurkan membuat 28 lubang biopori. Untuk pengisian sampah organik sebanyak 2-3 kg memakan waktu 2-3 hari, maka pengisian kembali setelah 56 - 84 hari, waktu yang cukup untuk dekomposisi kompos sehingga volumenya sudah menyusut.   Lengkapnya, manfaat dari biopori :

1. Mencegah Banjir.  Banjir sendiri telah menjadi bencana yang merugikan bagi warga kota. Keberadaan lubang biopori dapatmenjadi jawaban masalah tersebut.
2. Tempat Pembuangan Sampah Organik.  Banyaknya sampah yang bertumpuk juga telah menjadi masalah tersendiri di perkotaan. Kita dapat membantu mengurangi masalah ini dengan memisahkan sampah rumah tangga kita menjadi sampah organik dan non organik. Untuk sampah organik dapat kita buang dalam lubang biopori yang kita buat.
3. Menyuburkan Tanaman. Sampah organik yang kita buang di lubang biopori merupakan makanan untuk organisme yang ada dalam tanah. Organisme tersebut dapat membuat sampah menjadi kompos yang merupakan pupuk bagi tanaman di sekitarnya.
4. Meningkatkan Kualitas Air Tanah. Organisme dalam tanah mampu membuat samapah menjadi mineral-mineral yang kemudian dapat larut dalam air. Hasilnya, air tanah menjadi berkualitas karena mengandung mineral.





Sumber:
http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/44-tips/52-mengenal-dan-memanfaatkan-lubang-biopori.html
http://properti.kompas.com/read/2011/04/21/11505017/yuk-membuat-biopori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar