Sabtu, 10 September 2011

Rayap Tidak Doyan Ke Rumah Anda

Rumah kita tidak lepas dengan keberadaan kayu. Tambah lagi ketika musim hujan datang, ruangan menjadi lembab. Habitat rayap menyukai kayu dan daerah lembab. Kalau sudah begitu welcome kepada rayap. Padahal kenyataannya kita tidak ingin mengundang rayap datang ke rumah kita.

Berikut tips mencegah rayap datang ke rumah kita. Kalaupun sudah datang, beliau-beliau ini akan segera cepat-cepat ngacir dari rumah kita.

1. Siram dengan air sirih
Campurkan kira-kira segenggam kapur sirih deng seember air bersih kemudian aduk rata. Oleskan pada perabot yang terkena rayap atau siramkan pada sarang rayap.


2. Olesi minyak tanah
Olesi kaki-kaki meja, lemari, atau perabotan dari kayu lainnya dengan minyak tanah. Rayap pun menyingkir dan tak akan berani mendekat. Jangan lupa, bersihkan dengan rutin.

3. Gunakan oli bekas
Agar kayu awet dan tidak diserang rayap, cegahlah dengan mengolesi oli bekas pada perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Dijamin rayap tak suka memakannya.

4. Taburan Gula Putih
Mencegah rayap bisa dengan menaburkan gula putih secukupnya di atap / langit-langit rumah. Hal ini dilakukan rutin setahun dua kali. Kebiasaan mengusir rayap ini ditiru dari masyarakat Palembang zaman dulu.

Anda sebaiknya mengenali tanda-tanda, apakah rumah sudah terserang rayap. Misalnya ada gumpalan kecil seperti lumpur di perabot dari kayu. Atau ada serbuk kayu dan lubang dimana-mana. Nah, kalau sudah melihat beberapa tanda-tanda invansi rayap, Anda dapat membongkar jalan masuk yang dibangun rayap dua kali dalam seminggu. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada perabotan dari kayu seperti rak buku, almari, dan lainnya.

Disarankan memberi jarak saat menempatkan barang-barang berbahan kayu dengan tanah atau lantai. Bereskan sisa material kayu dekat pondasi rumah, ini bisa menjadi pintu masuk rayap. Perbaiki genteng atau saluran air yang bocor. Kebocoran akan menyebabkan kelembaban, situasi favorit rayap. Selain tips yang telah disampaikan di atas, ada baiknya lapisi perabotan dari kayu dengan pelitur, cara ini akan mempersulit rayap memakan kayu. 

Selain itu, ada teknologi yang disebut  Stasiun Above Ground  apabila keberadaan rayap sudah sangat meluas dan sulit untuk dicegah.

Sumber:
http://www.beritaterkinionline.com/2010/12/tips-mencegah-rayap.html
http://properti.kompas.com/read/2011/04/25/11081380/Tips.Mencegah.Rayap.Masuk.Rumah.
http://www.solusiantirayap.com/mengatasi-rayap/cara-mengatasi-rayap-pada-bangunanrumah-yang-sudah-terserang-rayap
http://arissugianto.blogspot.com/2011/06/aku-adalah-rayap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar